Universitas Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire (USWIM) didirikan tanggal 6 September 2004 yang sebelumnya pada tahun 1986 berdiri cikal bakal USWIM yang bernama Akademi Administrasi Pembangunan (AAP), kemudian pada tahun 1998 AAP berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) dan tahun 2000 dibawah naungan yayasan yang sama didirikan Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) dan kemudian tahun 2004 berdasarkan SK Mendikbud No 143.D/O/2004 tentang penggabungan STIA dan STIPER menjadi Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM)

Saat ini USWIM mengelola 13 program studi yang terdistribusi pada 5 Fakultas dengan menyelenggarakan program strata satu (S1).  Peringkat akreditasi program studi hingga tahun 2021 ini, adalah sebagai berikut: 3 program studi terakreditasi B, 9 program studi terakreditasi C, dan 1 program studi terakreditasi Baik. Sementara ini, untuk program studi Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Negara telah melakukan perpanjangan Akreditasi dan menunggu Surat Keputusan oleh BAN-PT tentang hasil Akreditasi tersebut sedangkan untuk program studi Ilmu Administrasi Negara telah dilakukan Visitasi lapangan secara on-line dan sementara menunggu hasil akreditasi dari BAN-PT.

Visi, misi, tujuan, serta strategi Universitas Universitas Satya Wiyata Mandala dirumuskan secara baik, spesifik, dapat diukur ketercapaiannya dalam kurun waktu yang ditentukan, relevan dan realistis sesuai kodisi daerah. Penyusunan visi, misi, tujuan, serta strategi USWIM dilakuan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik pemangku kepentingan internal (civitas akademika) maupun pemangku kepentingan eksternal meliputi : pengguna lulusan, alumni, pemerintah daerah dan dunia usaha serta masyarakat.

Struktur tata pamong USWIM telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tertuang dalam Statuta Universitas. Pengembangan dan peningkatan efektifitas tata kelola dan kelembagaan di USWIM dilakukan berdasarkan analisis dan studi komprehensif serta mempertimbangkan dinamisasi perubahan yang ada dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

USWIM telah melaksanakan proses pemilihan kepemimpinan berdasarkan kepatutan dan kepantasan. Aturan pemilihan telah mengacu kepada aturan yang ditetapkan Statuta dan tata tertib yang ditetapkan Senat Universitas sebagai lembaga normatif di USWIM. Pimpinan yang terpilih telah menjalankan Amanah yang diberikan sesuai dengan rencana yang ditetapkan dalam Rencana Strategis maupun Rencana Operasional Universitas yang mengacu pada Visi, Misi, Tujuan dan Strategis yang ingin dicapai dimana terintegrasi dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Kampus USWIM tahun 2014 sampai dengan tahun 2026. Kepemimpinan USWIM selalu melakukan sosialisasi serta menyusun monitoring dan evaluasi serta perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan baik bersifat akademik maupun non-akademik yang semakin baik. Pola dan kinerja kepemimpinan institusi USWIM sangat baik, hal ini tercermin pada kemampuan yang komprehensif untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan komitmen di setiap unit kerja guna mewujudkan visi, melaksanakan misi, dan pencapaian tujuan yang dicita-citakan sesuai dengan strategi-strategi yang dikembangkan sehingga dapat memenuhi ekspetasi dari pengguna lulusan dan stakeholders serta masyarakat dan pemerintah daerah

Penjaminan Mutu (Quality Assurance) di USWIM dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Sistem Penjaminan Mutu di USWIM dirancang dan diaplikasikan guna menjamin mutu lulusan. Siklus penjaminan mutu di USWIM dilakukan secara periodik dan berkelanjutan dan sudah terimplementasi dengan sangat baik.

Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan setiap tahun dengan menggunakan sistem One Day service, untuk sekarang telah dilakukan system penjaringan mahasiswa baru secara On-Line dengan materi tes mengadopsi materi sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan dengan standar kelulusan yang relatif tinggi, ditambah dengan ujian khusus sesuai kebutuhan fakultas dan program studi masing-masing. Dalam rangka membina, dan mengembangkan penalaran, minat, bakat, seni dan meningkatkan kompetensi mahasiswa, USWIM telah mendukung dan membina unit-unit kegiatan mahasiswa dengan menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk menunjang kegiatan mahasiswa. Mahasiswa USWIM telah berpartisipasi dan mendapat prestasi dalam berbagai kegiatan ilmiah, olah raga dan kesenian di ditingkat nasional.

Angka efisiensi edukasi USWIM menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik dengan indikasi masa studi mahasiswa yang semakin baik yaitu dari rata-rata 4 tahun 5 bulan dua tahun lalu sekarang menjadi rata-rata 4 tahun 4 bulan. Selain itu, rata-rata IPK lulusan juga menunjukkan perkembangan yang baik yaitu dari rata-rata 3,00 – 3,12. Untuk mengetahui perkembangan lulusan di pasar kerja, pelacakan lulusan telah dilakukan dan adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan lulusan dalam bersaing dalam mendapatkan pekerjaan yang semakin ketat melalui layanan bimbingan karir dan informasi kerja.

Mutu penyelenggaraan kegiatan akademik dan lulusan sangat tergantung pada mutu sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, dimana tersedianya SDM yang berkualitas membutuhkan sistem rekrutmen, seleksi dan pengelolaan yang baik. Dosen dan tenaga kependidikan telah dikelola dengan sistem pengelolaan sumberdaya yang telah ditetapkan. Perencanaan, rekrutmen, penempatan, pengembangan karir dan penghargaan serta sanksi pegawai telah mempedomani aturan pemerintah yang berlaku dan dilakukan secara transparan. Jumlah dosen terhadap mahasiswa dan kualifikasi secara umum sudah ideal yang ditunjukkan dengan rasio dosen terhadap mahasiswa adalah 1 : 25,12. Tenaga kependidikan telah memperoleh berbagai pelatihan dan tersertifikasi keahlian sangat mendukung dalam efektifitas dan efisiensi pembelajaran dan pelayanan kepada stakeholder.

Penyusunan Kurikulum di USWIM dilakukan berdasarkan visi, misi, tujuan dan sasaran USWIM dan selalu berpedoman pada ketentuan yang berlaku, baik Undang­Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Menteri, dan Keputusan Dirjen Dikti yang menjadi landasan legal formal dalam menyusun formulasi kebijakan institusi dalam pengembangan kurikulum disetiap program studi. Kebijakan institusi dalam pengembangan kurikulum baik di tingkat yayasan maupun universitas menjadi dasar dalam penyusunan kurikulum di tingkat program studi dan ditinjau secara berkala sesuai dengan dinamika perkembangan bidang keilmuan dan teknologi, kebutuhan stakeholder dan tantangan masa depan.

Sistem pembelajaran telah dirancang sesuai dengan visi, misi dan tujuan institusi yang telah ditetapkan bersama. Peraturan dalam universitas dan panduan yang ada telah menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang adil dan akuntabel dan dimonitor secara konsisten.

Untuk mendorong pengembangan suasana akademik berbasis kinerja, USWIM telah menetapkan kebijakan meritokrasi untuk memberi penghargaan dan sanksi kepada dosen (pendidik), tenaga kependidikan dan mahasiswa. Selain dari itu, USWIM senantiasa untuk meningkatkan keunggulan akademik seperti seminar, lokakarya, simposium dan lomba karya ilmiah, dimana sebagian kegiatan ini telah terjadwal dengan baik dan mendukung suasana akademik yang kondusif.

Pendanaan USWIM telah dikelola sesuai dengan aturan keuangan yang berlaku untuk perguruan tinggi. Laporan audit baik dari Yayasan tersedia dan telah digunakan untuk memperbaiki kinerja keuangan. Pendanaan untuk kegiatan akademik memperlihatkan kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun.

Prasarana dan sarana dikelola dan dipergunakan untuk menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Kebijakan, aturan dan panduan pengelolaan sarana dan sarana digunakan sebagai acuan pelaksanaan perencanaan, pendataan, pemeliharaan, pemutakhiran data aset, penghapusan aset dan penggunaan bersama fasilitas pendukung yang dimiliki USWIM. Pengelolaan telah didukung oleh sistem informasi yang sangat memadai sehingga semua kebijakan, aturan dan panduan pengelolaan sarana dan sarana dilakukan berbasis sistem informasi yang terintegrasi dengan penerapan decision support system.USWIM telah memiliki pedoman pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi civitas akademikanya. Telah banyak karya penelitian dan pengabdian dosen dipublikasikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. USWIM juga telah memiliki rencana penelitian dan pengabdian dengan fokus dan arah yang telah ditetapkan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Pada setiap awal tahun anggaran, dosen-dosen diberi kesempatan untuk mengajukan proposal kegiatan penelitian, penulisan karya ilmiah, publikasi dan aktivitas pengabdian, untuk diusulkan dan diberi dukungan finansial sesuai kebutuhan, pengusulan tersebut dilakukan oleh dosen yang berminat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USWIM dengan ketentuan yang berlaku yangditetapkan oleh LPPM dan tertuang dalam Rensra LPPM USWIM.

Melalui koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Universitas, berbagai kegiatan ilmiah dapat memperoleh dukungan finansial dan insentif. Dosen-dosen berkesempatan dan beberapa diantaranya telah berhasil mempublikasikan artikel-artikelnya diberbagai jurnal ilmiah di tingkat nasional dan internasional. Atmosfir kebijakan dan riset yang kondusif ini masih perlu ditingkatkan lagi agar persentase dan kuantitas artikel dosen dan mahasiswa yang dimuat dalam jurnal nasional dan internasional bereputasi semakin tinggi. Dosen juga didorong untuk menerbitkan buku-buku teks dan buku ajar untuk mendukung mata kuliah yang diampunya. Untuk menunjang terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi dengan lebih baik, kerjasama atau kemitraan juga telah dijalin dengan beberapa institusi.