Tata Nilai Universitas Satya Wiyata Mandala 

Tata nilai Universitas Satya Wiyata Mandala  tertuang dalam statuta yang merupakan motto dari perguruan tinggi yang dicanangkan oleh para tokoh pendiri yang mana dibawah naungan Yayasan Satya Wiyata Cendrawasih. Tata nilai merupakan landasan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam Visi Universitas Satya Wiyata Mandala  sehingga yang merupakan tata nilai dijadikan motto pada perguruan tinggi yaitu Iman dan Ilmu. Diharapkan keluaran dari Universitas Satya Wiyata Mandala  memiliki kemampuan sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki yang dapat membuatnya secara efektif menjalankan pekerjaannya serta memiliki karakter akhlak yang baik sesuai dengan ajaran agama dan tetap teguh dijalan yang benar.

M O T T O

Motto USWIM Nabire adalah “IMAN DAN ILMU” / “THE FAITH AND SCIENCE

Selain itu, strategi pengembangan Universitas Satya Wiyata Mandala tertuang dalam VISI, MISI DAN PRORAM KERJA REKTOR USWIM PERIODE : 2021 – 2025  Dr. Drs. PETRUS IZAACH SURIPATTY, M.Si yaitu :

“BARANG SIAPA MENGABDI DENGAN JUJUR DAN SETIA DI TANAH INI, MAKA IA AKAN MELIHAT TANDA HERAN YANG SATU KE TANDA HERAN YANG LAINYA “

VISI :

Pada Tahun 2025 Universitas Satya Wiyata Mandala telah unggul dari relasi yang luas serta ikut menetapkan kebijakan Pemerintah Daerah ( PEMDA ) melalui penerapan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

MISI :

  1. Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang selaras dengan Falsafat Perguruan Tinggi, MEMBINA KEHIDUPAN Akademik yang sehat, serta mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora, dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumberdaya yang ada.
  2. Meningkatkan kualitas dan kwantitas Civitas Akademika dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia ( SDM )
  3. Menyiapkan tenaga kerja yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK) sesuai perkembangan dan tuntutan dunia kerja agar lulusan mudah terserap dalam dunia kerja.
  4. Mengadakan dan meningkatkan infrastruktur ( Prasarana dan Sarana) dalam menunjang Proses Aktifitas perkuliahan di kampus USWIM.
  5. Meningkatkan sistem Pelayanan Prima didalam USWIM ( Pelayanan bidang akademik dan kemahasiswaan, Bidang Administrasi Keuangan, Kepegawaian dan Administrasi Umum).
  6. Menjalin dan Meningkatkan hubungan kerjasama dengan stakeholders (termasuk masyarakat adat) dalam rangka membangun USWIM.

    PROGRAM KERJA

    PEMBANGUNAN FISIK

    1. Membenahi dan membangun ruang kuliah yang representative ( Tersedia Ruangan dan fasilitas yang memadai : kursi, meja, tersedia penerangan, infokus, siap operasi dan ruang yang aman dan nyaman ).
    2. Membangun gedung kantor Fakultas yang representative sebagai Prasarana dan sarana untuk meningkatkan pelayanan prima ( tersedianya ruangan dan fasilitas yang memadai : ukuran ruangan kerja sesuai ketentuan untuk pelayanan mahasiswa dan tamu, tersedianya ruangan rapat dan fasilitas pendukung).
    3. Membangun gedung Perpustakaan dan kantor-Kantor UPT sesuai kebutuhan yang representative ( gedung yang mampu menampung buku-buku/bahan bacaan dalam jumlah yang banyak, tersedianya ruang baca yang nyaman dan nyaman didukung oleh fasilitas komputerisasi dibawah pengelolaan Perpustakaan yang Profesional)
    4. Membangun Laboratorium ( Komputer, Bahasa dan Pusat Penelitian dan pengembangan masalah social, kemasyarakatan dan kebudayaan dalam rangka mengembangkan budaya kreatif berbasis kearifan local). Program ini akan terealisasi dengan tersedianya Ruangan yang luas yang memadai dengan ratio Mahasiswa, Dosen dan stakeholder yang membutuhkan dan dikelola oleh Laboran yang Profesional serta tenaga-tenaga dosen baik internal maupun peneliti tamu yang Profesional dibidang masing-masing.
    5. Membangun prasarana olahraga, seni budaya dan kafetaria bagi mahasiswa, Civitas akademika dam masyarakat dalam mengembangkan hobi dan prestasi yang bermanfaat bagi diri sendiri, kampus dan daerah. Terdapat bibit unggul di Mahasiswa yang seharusnya dijadikan sebagai peluang untuk membangun Lembaga dan Daerah, untuk itu diperlukan Fasilitas yang memadai. Rasa betah dikampus perlu diciptakan dengan menyediakan tempat-tempat yang sederhana dan terjangkau oleh Civitas Akademika dan masyarakat sehingga kampus di anggap sebagai tempat belajar yang dirindukan oleh Civitas Akademika.
    6. Membangun Fasilitas dan menata sistem ketertiban dan kebersihan Lingkungan yang mencerminkan keindahan dan kenyamanan kampus bagi Civitas Akademika dan masyarakat lingkungan Kampus. Terbangun dan tersedianya penataan lingkungan kampus yang bersih, dilengkapi sistem penerangan lingkungan yang memadai yang dapat mencegah timbulnya kegiatan-kegiatan yang merugikan.
    7. Bersama pihak YATASIH mengadakan pembebasan lahan baru untuk pembangunan kampus diwaktu mendatang ( Minimal 10 Hektar)
    8. Mengembangkan kompleks tempat tinggal Civitas Akademika ( USWIM) menjadi wisata agrobisnis.

      PEMBANGUNAN NON FISIK

      1. Melaksanakan dan meningkatkan nilai Akreditasi Program Studi dari nilai C menjadi B atau A, serta nilai B menjadi Nilai A dan Akreditasi Institusi dari C menjadi B.
      2. Membenahi dan menjalin kebersamaan dengan Yayasan Wiyata Cenderawasih ( YATASIH) sebagai penyelenggara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini dilakukan dengan membagi porsi masing-masing termasuk kewenangan dalam hal keuangan dan pertanggungjawaban.
      3. Pengembangan SIAKAD dalam pelayanan Administrasi Akademik dan kemahasiswaan.
      4. Mengatur sisten Administrasi Keuangan (kejelasan tentang sumber pendapatan dan belanja disertai pertanggungjawaban secara rutin kepada pihak yang berkompeten) serta meningkatkan kesejahteraan karyawan dan dosen, dengan sistem pendapatanyang sesuai dan memadai (semua pendanaan akan tersaji dalam bentuk Rencana Anggaran dan Belanja yang disusun dalam format yag proporsional). Pemberian pendapatan/gaji kepada karyawan akan disesuaikan dengan kriteria-kriteria secara proporsional atas pertimbangan Jabatan, masa kerja dan tingkat pendidikan. Untuk menjamin ketenangan kerja maka akan diatur sistem kerja yang menguntungkan karyawan dan lembaga melalui suatu jaminan kerja dengan pendapatan standar mengikuti Upah Minimal Provinsi. Kepada para dosen akan diberi honor mengajar yang memadai dan pembayaran hak-hak lainya ( tunjangan Fungsional) serta diberi peluang untuk menjadi Dosen Sertifikasi ( khusus untuk Dosen Yayasan yang memenuhi syarat).
      5. Menumbuhkembangkan budaya organisasi yang baik dilingkungan Civitas Akademika dan Eksternal kampus ( sikap saling menghormati antar sesame, mengholangkan prilaku-prilaku diskriminatif dan intimidasi yang menyebabkan perpecahan diantara sesame, perayaan haribesar keagamaan dan hari besar Lembaga serta mebina silaturahmi dengan pihak yang berkompeten). Menjadikan Kampus USWIM sebagai Kampus yang ber BHINNEKA TUNGGAL IKA ( kita berbeda tetapi tetap menjadi satu kekuatan besar untuk membangun diri pribadi, Daerah, Bangsa dan Negara di bawah Motto Universitas Satya Wiyata Mandala : IMAN dan ILMU).
      6. Melanjutkan Peningkatan kualitas tenaga edukatif ( Dosen) dengan memanfaatkan sumber-sumber beasiswa secara transparan da terkontrol. Membagi secara merata dan transparan jatah beasiswa Tugas belajar kepada semua Fakultas / Program Studi dengan membuat kesepakatan tertulis antara penerima Mahasiswa dan lembaga.
      7. Membuka Program Studi yang disesuaikan dengan minat masyarakat, termasuk Program pascasarjana ( Strata Dua/S2)
      8. Mendorong peningkatan Penelitian dan hasil Publikasi Penelitian Dosen dan mahasiswa( Memanage secara profefional UPT Laboratorium Exata dan Laboratorium Sosial Kemasyarakatan sebagai Pusat Kajian). Hal ini perlu ditata dengan baik dengan menyediakan sumber dana intern sebagai motivasi, karena selain sebagai media pengembangan ilmu yang dimiliki juga merupakan sumber kesejahteraan bagi dosen dan mahasiswa.
      9. Menjalin dan meningkatkan hubungna kerjasama dengan pihak-pihak yang berkompeten, yakni Pemerintah Kabupaten tempat asal Mahasiswa dengan jumlah memadai, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat, Perguruan Tinggi         ( PTN dan PTS di dalan maupun Luar Negeri ), pihak donator ( koordinasi dengan YATASIH) dan pihak pemangku adat setempat. Program ini akan diterjemahkan / terealisasi dalam bentuk :
      10. Mendapat dukungan dana atau bantuan pembangunan infrastruktur dari pemerintah kabupaten, pemerintah Provinsi, Pemerintah Pusat serta donator (merupakan bentuk kemitraan sebagai komponen yang mempunyai kepedulian dan tanggung jawab untuk membangun SDM).
      11. Membina kerjasama di bidang Penelitian, Pengabdian dan Pengembangan dengan Pemerintah dan Pihak swasta. Akan tercipta Peneliti-peneliti profesional dalam menilai dan memberi solusi dalam mengatasi persoalan-persoalan di masyarakat.
      12. Melakukan kerjasama dalam rangka penguatan dan perolehan status lahan milik kampus dengan lembaga adat dan pemerintah yang berkompeten. Kemitraan ini akan merupakan penghargaan kepada masyaratak adat yang dapat memberi kontribusi demi pengembangan lembaga.
      13. Melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa dan Dosen antar Perguruan Tinggi di dalam maupun Luar Negeri, termasuk kerjasama dibidang Penelitian, pengabdian dan pengembangan. Menukar pengetahuan dan pengalaman baik kepada mahasiswa maupun Dosen dalam upaya mewujudkan program “MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA ”.