FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN

Deskrisi

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Satya WIyata Mandala lebih merujuk pada hewan air untuk tujuan komersial. Kuliah akultas Perikanan dan Kelautan di Universitas Satya WIyata Mandala, akan banyak mempelajari tentang biologi, ilmu hewan, keanekaragaman hayati dan konservasi.Adapun topik-topik yang akan dibahas secara lebih spesifik meliputi keragaman hewan laut, mikrobiologi, akuakultur kerang, genetika ikan, politik lautan, pemrosesan ikan, rekayasa sistem akuakultur dan lain sebagainya.Kuliah akultas Perikanan dan Kelautan, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya memahami seputar ilmu kelautan dan perikanan saja, namun dapat juga berkontribusi untuk kemajuan dan keberlangsungan sektor terkait yang potensinya sangat besar, termasuk di Indonesia.

PROGRAM STUDI

Program Studi di Fakultas Perikanan dan Kelautan di Universitas Satya Wiyata Mandala

PRODI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

Program studi Manajemen Sumber Daya Perikanan mempelajari kegiatan atau proses perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan dan bahkan pengelolaan sumber daya perairan. Proses ini meliputi pemetaan dan pemantauan sumber daya, budidaya dan eksploitasi mulai dari produksi hingga komersialisasi sumber daya perikanan. Siswa akan belajar semua tentang sumber daya perairan. Seperti meliputi laut, lingkungan sekitar, hukum terkait, dan juga masyarakat sosial. Dari sisi ekonomi, kementerian akan mengkaji strategi pengelolaan komersial sumber daya perikanan tersebut.

Program studi Manajemen Sumber Daya Perikanan akan memperoleh informasi tentang breed dan fisiologi hewan air, penyakit berbagai hewan air, dan metode penangkapan hewan air yang tepat dan benar. Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol masalah air dan mengelolanya secara optimal.

Program studi Manajemen Sumber Daya Perikanan air ini cukup menarik karena prospek kerjanya yang banyak. Hal ini tidak terlepas dari laut teritorial di Indonesia yang sangat luas sehingga perlu dimanfaatkan secara maksimal. Lulusan Program studi Manajemen Sumber Daya Perikanan ini juga membutuhkan keterampilan dalam menguasai, menerapkan ilmu, mengelola dan memulai usaha di bidang perikanan.

Pengetahuan dan Keahlian
1. Pengetahuan tentang sumber daya perairan
2. Pengetahuan tentang bidang perikanan
3. Pengetahuan tentang lingkungan
4. Kemampuan organisasi dan manajemen
5. Kemampuan wirausaha

PRODI BUDIDAYA PERAIRAN

Program Studi Budidaya Perairan disebut juga Akuakultur. Jurusan ini mempelajari segala hal tentang budidaya, baik ikan air laut, ikan air tawar, lele, udang, cumi-cumi, lobster, mutiara, rumput laut, serta berbagai jenis ikan dan biota yang lain. Mahasiswa jurusan ini belajar teknik penangkapan ikan di laut atau di perairan darat seperti sungai, danau, dengan perantara nelayan, kapal-kapal perikanan, pelabuhan dan lain-lain. Di jurusan ini nantinya kamu akan menjadi pakarnya ikan, karena memahami cara membedakan ikan sakit dan sehat.

Pengetahuan dan Keahlian
1. Kemampuan melakukan observasi
2. Kemampuan meneliti
3. Kemampuan melakukan analisis
4. Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur
5. Kemampuan komunikasi