Dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat, Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) di Nabire, kembali menggelar Yudisium Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) serta Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertanak), pada Senin (26/10/2021).


Adapun Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Uswim melakukan yudisium kepada mahasiswa yang berasal dari 3 Program Studi, yaitu: Prodi Ilmu Pemerintahan sebanyak 66 mahasiswa, Prodi Administrasi Negara sebanyak 57 mahasiswa, dan Prodi Administrasi Bisnis sebanyak 50 mahasiswa. Sehingga total keseluruhan peserta Yudisium pada Fisip Uswim sebanyak 173 Mahasiswa.

Sementara Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertanak) Uswim juga melaksanakan yudisium kepada 27 orang mahasiswa Prodi Agribisnis, dan 17 mahasiswa Prodi Agroteknologi, serta 40 mahasiswa Prodi Peternakan. Sehingga total keseluruhan peserta Yudisium pada Fapertanak Uswim berjumlah 84 Mahasiswa.

Dekan Fisip Uswim, Dr. Drs. Eduard L Pesiwarissa, M.Si., ketika ditemui awak media menyampaikan selamat kepada 173 mahasiswa Fisip yang telah di Yudisium dan berharap agar nantinya bisa mengabdi pada tempat tugas dan daerahnya masing-masing

‚ÄúSelamat, barangkali itu adalah kata pertama yang ingin saya ucapkan selaku pejabat dekan kepada 173 yudisium. Akhirnya setelah bertahun-tahun berjuang dan bertarung untuk menaklukkan tiap sks dan menyelesaikan skripsinya, akhirnya mereka sampai juga di penghujung jalan menapaki Jenjang Sarjana Strata Satu di Fisip Uswim,” demikian ungkap Pesiwarissa.

Pesiwarissa juga menambahkan 3 hal yang patut dipegang agar mimpi bisa menjadi kenyataan, yakni: Growth Mindset, artinya sebuah pola pikir bahwa seorang sarjana dapat terus berkembang dengan berbagai tantangan dan kerja keras, dan GRIT yang artinya sebuah sifat tabah, kokoh, pantang menyerah, serta yang ketiga adalah Caring Others, yaitu hidup jangan selfish dan harus luangkan waktu, tenaga, pikiran dan sumber daya untuk membantu orang lain. “Maka suatu saat semesta akan menolong Anda,” demikian pesan Pesiwarissa.

Pada tempat terpisah, Rektor Uswim, Dr. Drs Petrus I Suripatty, M.Si membeberkan bahwa dengan usainya pelaksanaan yudisium pada kedua Fakultas, yakni Fisip dan Fapertanak, maka total mahasiswa yang direncanakan mengikuti Prosesi Wisuda di Uswim pada pertengahan bulan November mendatang adalah berjumlah 422 mahasiswa, dengan rinciannya sebagai berikut:

Pertama. Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) berjumlah 16 mahasiswa, yang terdiri dari 7 mahasiswa asal Prodi Budi Daya Perikanan (BDP) dan 9 mahasiswa dari Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSP).

Kedua. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berjumlah 26 mahasiswa, yang terdiri dari 18 mahasiswa asal Prodi Pendidikan Matematika dan 8 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Ketiga. Fakultas Teknologi dan Rekayasa (Fateksa) dengan jumlah mahasiswa yang di yudisium sebanyak 123 mahasiswa, yang masing-masing terdiri dari 23 Mahasiswa Program Studi Teknik Industri dan 100 Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika.

Keempat. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) dengan jumlah mahasiswa yang di yudisium sebanyak 173 mahasiswa, yang masing-masing terdiri dari 66 Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan 57 mahasiswa Program Studi Administrasi Negara, dan 50 Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis

Kelima. Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertanak), dengan jumlah mahasiswa yang di yudisium sebanyak 84 mahasiswa, yang masing-masing terdiri dari 27 mahasiswa Program Studi Agribisnis, dan 17 mahasiswa Program Studi Agroteknologi, serta 40 mahasiswa pada Program Studi Peternakan.

Sehingga menurut Suripatty, total keseluruhan Mahasiswa Uswim yang sudah di Yudisium dan siap untuk mengikuti proses Wisuda pada bulan November mendatang adalah sebanyak 422 mahasiswa.

“Ya, saya berpesan kepada semua mahasiswa yang sudah melaksanakan Yudisium pada Fakultasnya masing-masing di kampus Uswim agar tetap membawa hal positif dalam menjaga nama baik Almamater dan terus memperkaya ilmu yang sudah dimiliki demi kemajuan daerah Papua,” demikian ucap Rektor Uswim, Dr. Drs Petrus Izaach Suripatty, M.Si.

Categories: BERITA USWIM